Friday, August 31, 2012

Ciri-Ciri Orang Hamil yang Paling Umum!

(Sumber gambar
© ‘Shutterstock/Kompas.com’)
Hampir setiap wanita menginginkan menjadi seorang ibu dan memiliki anak yang sehat. Apa sih ciri-ciri orang hamil yang umumnya di alami oleh kebanyakan wanita hamil? Sebagaimana kita ketahui bahwa kehamilan adalah salah satu fase yang paling menantang dalam siklus kehidupan seorang wanita. Nah buat ladies yang sedang menanti-nanti momongan, ada baiknya mengetahui beberapa tanda-tanda awal kehamilan sehingga kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik!

Sebelum kita ngobrolin ciri-ciri orang hamil, tahu gak kamu kalau tidak semua wanita hamil mengalami gejala-gejala kehamilan loh, terutama pada trimester pertama (3 bulan pertama setelah pembuahan)? Tapi pada umumnya sih orang hamil mengalami gejala-gejala tertentu sih. 

Fakta menarik lainnya adalah seorang ibu yang sedang hamil untuk ke dua kalinya, belum tentu dia mengalami ciri-ciri kehamilan yang sama seperti pada kehamilan pertamanya. Secara umum, tanda-tanda kehamilan antara wanita satu dengan wanita yang lainnya belum tentu sama loh.

Memahami tanda-tanda kehamilian tidak hanya penting untuk mengetahui kamu hamil lebih cepat, tapi juga penting untuk memastikan bahwa gejala-gejala yang kamu alami tersebut adalah normal bukan disebabkan oleh penyakit lainnya.

Telat datang bulan

Dari sekian banyaknya tanda-tanda awal kehamilan, telat datang bulan adalah salah satu tanda yang jelas bahwa kamu kemungkinan besar hamil. Lebih tepatnya sih bukan telat datang bulan, melainkan berhentinya siklus haid untuk sementara waktu selama kehamilan. 

Semua wanita yang dinyatakan positive mengandung pasti mengalami gejala ini. Tapi jika hasil test kamu menyatakan negative, dan siklus haid kamu belum datang juga dalam jangka waktu yang lama, hal ini perlu ditindaklanjuti lebih lanjut. Priksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang jelas untuk mengantisipasi masalah kesehatan lain yang tidak diinginkan!

Jelasin dong kenapa telat datang bulan sering dikaitkan dengan ciri-ciri orang hamil? Baik, penjelasannya sederhana sih. 

Ketika tidak terjadi pembuahan, telur atau ovum yang dilepaskan pada masa subur akan mati dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu (biasanya sih kata dokter sekitar 3-4 hari). Karena tidak terjadi pembuahan, dinding uterus yang menebal dari awal berakhirnya mestruasi sampai masa subur akan runtuh sehinnga timbullah pendarahan sebagai tanda hari pertama dari menstruasi kamu.

Sebaliknya ketika terjadi pembuahan, telur yang dibuahi akan tertanam di dinding uterus dan siklus ‘pembuatan & pelepasan ovum’ akan terhenti sampai kamu melahirkan bayi kamu. Hal ini menandakan selama kehamilan, siklus haid kamu akan berhenti untuk sementara waktu.

Spoting (pendarahan ringan) dan kram!

Beberapa hari setelah pembuahan, telur yang dibuahi menempel di dinding uterus. Dan proses dari penempelan ini bisa menjadi tanda paling awal dari kehamilan, karena sering kali hal ini menghasilkan pendarahan ringan (spoting) yang biasanya juga diikuti rasa kram. 

Terkadang mungkin kamu mengira hal ini sebagai tanda hari pertama haid kamu. Tapi biasanya, pendarahan dari effek penempelan ini hanya sebatas spot atau bercak-bercak saja dan volume-nya relatif lebih sedikit dibanding pendarahan akibat siklus menstruasi.

Pendarahan ringan ini biasanya terjadi setalah kira-kira 12 hari setelah terjadinya pembuahan antara ovum (telur) dan sperma.

Selain pendarahan ringan, terkadang pada proses ini kamu mungkin juga menyadari adanya cairan bewarna putih kesusuan yang keluar dari mrs-V kamu. Cairan ini umumnya normal dan banyak wanita hamil yang mengalaminya hampir sepanjang masa kehamilan, sehingga tidak perlu dikuatirkan. 

Tapi jika kamu merasa terganggu dengan gejala ini (seperti menimbulkan rasa gatal yang mengganggu atau diikuti oleh bau yang cukup tidak sedap), sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Adanya perubahan pada payudara!

Peningkatan level hormon progesterone pada masa kehamilan (terutama pada trimester pertama) juga akan mempengaruhi beberapa organ tubuh lainnya untuk melakukan penyesesuaian. Salah satunya, payudara kamu.

Sebenernya banyak sih gambar yang menjelaskan gejala ini, takutnya kalau di upload ntar dibilang vulgar lagi lol… Cari aja di Google banyak kok, cukup ketikkan kata kunci ‘breast changes during pregnancy’ dan kamu akan mendapatkan banyak pilihan he2 lol lagi…

Umumnya kehamilan akan membuat payudara kamu lebih sensitive, terutama saat tersentuh! Selain itu ada juga beberapa perubahan bentuk, seperti lebih berisi, terasa lebih berat dari biasanya, warna yang nampak lebih gelap di sekitar areola (nipple), dll.

Mudah cepat lelah

Ya, pada awal-awal kehamilan kamu akan terasa lebih cepat lelah dari biasanya. Sebabnya sih masih tanda tanya. Tapi banyak para ahli memperkirakan hal ini terkait dengan peningkatan yang drastis dari hormon progesterone pada awal kehamilan. 

Selain itu, kemungkinan juga disebabkan oleh keadaan dimana jatah oksigen yang kamu hirup dibagi dengan calon bayi baru kamu. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan istirahat yang cukup -- untuk sementara waktu, jangan memaksakan diri deh untuk melakukan pekerjaan yang berat-berat! 

Mual-mual dengan/tanpa diikuti muntah

Gejala ini dalam bahasa bule lebih dikenal dengan istilah ‘morning sickness’. Kebanyakan orang sih taunya mual-mual ini terjadi di pagi hari habis tidur. 

Tapi jangan salah loh, gejala ini juga bisa menyerang kamu siang hari, sore hari, malam hari, atau mungkin bahkan sepanjang hari dengan intensitas yang berbeda. Selain itu, ada juga beberapa orang hamil yang sama sekali tidak mengalami gejala ini selama kehamilan.

Mengapa gejala ini bisa terjadi? Kemungkinan besar disebabkan oleh aktivitas penigkatan hormon estrogen yang dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan -- perut kamu cenderung melambat untuk mencerna makanan yang kamu makan (terutama pada saat melewati usus), sehingga perut cenderung agak lebih susah untuk dikosongkan.

Hasrat untuk memakan makanan tertentu mungkin juga timbul gara-gara penigkatan hormon estrogen ini, atau istilah kerennya disebut ‘ngidam’. Disaat bersamaan, kamu mungkin juga lebih alergi atau terlalu sensitif terhadap bau-bau dari makanan tertentu, seperti bau kopi.

Gejala mual-mual ini biasanya akan menjadi lebih ringan seiring berjalannya waktu kehamilan, terutama saat mulai memasuki minggu ke 13 /14 dari kehamilan.

Secara umum, mual-mual selama kehamilan adalah sesuatu hal yang wajar. Tapi jika hal ini semakin menjadi-jadi dan bertambah parah, sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. 

Karena mual dan muntah yang parah dikuatirkan akan mempengaruhi asupan nutrisi kamu selama kehamilan sehingga dapat membahayakan kamu dan calon bayi kamu!

Ciri-ciri orang hamil lainnya

Ciri-ciri yang agak kurang umum meliputi:
  1. Peningkatan intensitas untuk kencing dalam sehari. Gejala sering kencing biasanya jarang terjadi diawal kehamilan, tapi hal ini mungkin bisa saja terjadi. Umumnya gejala ini muncul pada minggu ke-6 atau ke-8 dari kehamilan. 
  2. Sembelit! Hal ini mungkin juga disebabkan oleh peningkatan drastis hormon progesterone. Solusinya, banyakin makanan berserat, minum air putih yang cukup, dan olahraga secukupnya!
  3. Mood kamu menjadi lebih sensif (lebih mudah tersingggung, lebih mudah murah, dll). Hal ini biasanya terlihat sangat jelas pada trimester pertama.
  4. Sakit pungggung dan sakit kepala (pusing)! Beberapa orang hamil juga mengeluh mengalami sakit kepala yang ringan (tapi muncul lebih sering dari biasanya) dan bahkan sakit punggung. Terkadang, kamu mungkin juga akan mengalami pusing yang berat bahkan hingga membuat kamu pingsan.

No comments:

Post a Comment

Search Form